Training: Introduction Knowledge Management (KM) for Executives

_MG_2773

Pengetahuan (Knowledge) telah diketahui sebagai alat strategik baru dari seluruh organisasi. Paradigma yang sangat mendasar bahwa pengetahuan adalah power (tenaga/ energi). Oleh karena itu, seseorang harus menjaganya sendiri sampai meningkatkannya. Secara umum sikap dari kebanyakan orang adalah menjaga pengetahuannya sendiri karena hal itu yang menjadikannya sebagai aset kepada organisasi / perusahaan.

Sekarang ini, pengetahuan masih dipandang sebagai power/energi, tetapi pemahamannya itu harus telah berubah menuju ke perspektif organisasi. Paradigma baru adalah bahwa dalam organisasi pengetahuan harus dishare agar hal itu dapat tumbuh. Sehingga organisasi yang dapat berbagi pengetahuan di antara seluruh staffnya bertambah kuat dan lebih kompetitif. Inti dari Knowledge Management itu adalah Sharing Pengetahuan.

Knowledge Management adalah kumpulan perangkat, teknik, dan strategi untuk mempertahankan, menganalisis, mengorgani-sasikan, meningkatkan, dan membagikan pengertian dan pengalaman. Pengertian dan pengalaman semacam itu terbangun atas pengetahuan, baik yang terwujudkan dalam seorang individu atau yang melekat di dalam proses dan aplikasi nyata suatu organisasi. Fokus dari KM adalah untuk menemukan cara-cara baru untuk menyalurkan data mentah ke bentuk informasi yang bermanfaat, hingga akhirnya menjadi pengetahuan.

Knowledge Management (KM) dapat didefiniskan sebagai satu set (himpunan) intervesi orang, proses dan tool (teknologi) untuk mendukung proses pembuatan, pembauran, penyebaran dan penerapan pengetahuan. Knowledge Management (KM) merupakan proses yang terus-menerus harus dilakukan sehingga proses tersebut akan menjadi satu budaya, dan akhirnya akan membentuk organisasi yang berbasis pada pengetahuan.

Cut Zurnali (2008) mengemukakan istilah knowledge management pertama sekali digunakan oleh Wiig pada tahun 1986, saat menulis buku pertamanya mengenai topik Knowledge Management Foundations yang dipublikasikan pada tahun 1993. Akhir-akhir ini, konsep knowledge management mendapat perhatian yang luas. Hal ini menyatakan secara tidak langsung proses pentransformasian informasi dan intellectual assets ke dalam nilai.

Knowledge management merupakan kekhu-susan organisasi (organization-specific), ketika perhatian dasarnya adalah ekploitasi dan pengembangan organizational knowledge assets kepada tujuan-tujuan organisasi selanjutnya. Knowledge management bukan merupakan sesuatu yang lebih baik (better things), tapi untuk mengetahui bagaimana mengerjakan sesuatu dengan lebih baik (things better).

Kegiatan Knowledge Management (KM) ini biasanya dikaitkan dengan tujuan organisasi semisal untuk mencapai suatu hasil tertentu seperti pengetahuan bersama, peningkatan kinerja, keunggulan kompetitif, atau tingkat inovasi yang lebih tinggi.

Pada umumnya, motivasi organisasi untuk menerapkan KM antara lain:

  • Membuat pengetahuan terkait pengem-bangan produk dan jasa menjadi tersedia dalam bentuk eksplisit
  • Mencapai siklus pengembangan produk baru yang lebih cepat
  • Memfasilitasi dan mengelola inovasi dan pembelajaran organisasi
  • Mendayaungkit keahlian orang-orang di seluruh penjuru organisasi
  • Meningkatkan keterhubungan jejaring antara pribadi internal dan juga eksternal
  • Mengelola lingkungan bisnis dan memungkinkan para karyawan untuk mendapatkan pengertian dan gagasan yang relevan terkait pekerjaan mereka
  • Mengelola modal intelektual dan aset intelektual di tempat kerja

Pelatihan ini memberikan penjelasan pengertian pengetahuan, Knowledge Management (KM), elemen-elemen dan tool-tool KM. dan juga contoh-contoh KM. Sehingga pelatihan menjadi dasar atau pengatar bagi organisasi / perusahaan untuk mengetahui periha Knowledge Management secara benar dan sistematik.

Isi Materi Pelatihan

  • Konsep Pengetahuan
  • Definisi Knowledge Management
  • Sejarah Knowledge Management
  • Elemen-Elemen Knowledge Management
  • Tool-Tool Knowledge Management
  • Implementasi Knowledge Management

Tujuan Pelatihan

  • Peserta dapat memahami pengertian pengetahuan
  • Peserta dapat memahami pengertian dan sejarah Knowledge Management
  • Peserta dapat memahami elemen-elemen, tool-tool Knowledge Management
  • Peserta dapat memahami impelementasi dan contoh-contoh Knowledge Management yang ada di perusahaan

Peserta Pelatihan

Pimpinan perusahaan, manajer, kepala kantor, petinggi politik, para legislatif, pengambil keputusan, penyusun strategi, dan siapa saja yang berkeinginan mengetahui dasar-dasar Knowledge Management (KM) untuk mengelola pengetahuan.

Lama Pelatihan : 1 Hari

Metoda Pelatihan

  • Pelatihan menampilkan bahasan-bahasan Knowledge Management (KM) serta contoh-contohnya untuk memudahkan dalam pemahaman
  • Pelatihan meminta para peserta untuk melakukan eksplorasi penerapan Knowledge Management (KM) yang mungkin dapat diterapkan dalam organisasi
  • Pelatihan memberikan diskusi terbuka di antara instruktur dan peserta pelatihan terhadap penerapan Knowledge Management (KM) dan contoh-contohnya

Trainer : Ir. Moh. Haitan Rachman MT.
Biaya In-House Training : Kontak Kami

Similar posts

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CISA Review Course 2017

CISA Review Course 2017

Login

Arsip

Kategori