Menjawab masalah apa?
Teknologi Informasi kini memiliki peranan yang sangat penting bagi kita, baik untuk keperluan pribadi maupun bisnis. Oleh karena itu, apabila terjadi suatu insiden penting dalam industri ini pasti akan mempengaruhi aset maupun bisnis perusahaan.
Oleh karena itu, tata kelola teknologi (Technology Governance) dan program kepastian (Assurance Program) perlu didesain sedemikian rupa melalui kerangka manajemen risiko. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan manajemen pengendalian dan risiko berjalan dengan efektif.
Training ini bertujuan untuk lebih memahami risiko operasional apa saja yang paling penting dan juga pengaruhnya pada kepentingan perusahaan/lembaga.
Manfaat yang diperoleh?
- Memiliki pemahaman mengenai prinsip-prinsip dasar manajemen risiko TI.
- Mengerti akan komponen kerangka kerja Risk IT dari ISACA.
- Dapat menggunakan konsep dan model kerangka tersebut untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas perusahaan.
- Melakukan evaluasi implementasi dan kendala operasional.
- Membuat dan memelihara ekspektasi mengenai risiko yang ada untuk kemudian membuat keputusan yang tepat.
- Membuat dan memelihara profil risiko (Risk Profile), pemetaan dan action plan atas risiko yang mungkin muncul.
- Mengumpulkan data, mengawasi risiko dan pelaporan.
- Memahami penggunaan kerangka Risk IT untuk manajemen risiko TI.
- Membuat perencanaan risiko TI bagi perusahaan.
Apa saja yang dibahas?
- Prinsip Manajemen Risiko TI
- Peran, Ruang Lingkup dan Tanggung Jawab Risiko TI
- Kesadaran di dalam Organisasi
- Risk Scenario, Business Impact and Key Risk Indicators
- Risk IT Framework
- Control Objective Framework (COF)
- Keterkaitan antara Risk IT framework dengan COBIT
- Faktor Penting dalam Pengelolaan dan Pengendalian Risiko
- Proses Manajemen Risiko
- Integrasi Pengelolaan Risiko TI dengan ERM
Siapa yang perlu ikut?
- Anggota tim Risk Management Committee
- Auditor TI atau Sistem Informasi
- Dan personil yang bertanggung jawab atas pengelolaan risiko dalam suatu
- perusahaan, yang ingin meningkatkan pemahaman terhadap kerangka Risk IT.
Durasi
16 jam
Waktu Penyelenggaraan
Call